WXCASH : Cara Menggunakan XCASH Di Jaringan Ethereum Dan Polygon.

Kata Pengantar

Tutorial ini akan menjadi petunjuk proses langkah demi langkah untuk memahami dan menggunakan WXCASH, versi wrap representasi dari koin XCASH di jaringan Polygon dan Ethereum.

Kami menyebut WXCASH disini untuk membicarakan tentang token-token wrap yang merepresentasikan XCASH, yang menjadi bagian dari jaringan Polygon dan Ethereum. Di dalam petunjuk ini, kami akan membedakannya dengan pola berikut Nama Koin(Jaringan). Seperti dibawah ini:

  • XCASH (X-Cash): Ini adalah koin XCASH yang berinteraksi dengan jaringan X-Cash. Ini adalah jaringan asal, diatur melalui konsensus DPOPS dan divalidasi oleh 50 delegasi
  • WXCASH (Polygon): Ini adalah token ERC20 yang versi wrap yang merepresentasikan koin XCASH pada jaringan Polygon (Matic). Ini adalah koin versi wrap yang akan kamu peroleh setelah melakukan penukaran melalui X-Bank, Dompet yang dikelola oleh X-Cash Foundation. Alamat Kontrak: 0x03678f2c2c762dc63c2bb738c3a837d366eda560
  • WXCASH (Ethereum): Token ERC20 pada jaringan utama (Ethereum). Dikarenakan WXCASH (Polygon) berjalan didalam rantai cabang pada jaringan Polygon, kamu perlu untuk menggunakan jembatan PoS Polygon untuk memasukkannya kedalam jaringan Ethereum. Alamat Kontrak: 0x235328f864f38a91f0d2282159ea7c7b7c9f7c62

Jaringan Polygon berganti nama beberapa bulan yang lalu. Sebelumnya dikenal dengan jaringan Matic. Pada saat berinteraksi dengan jaringan, kamu mungkin akan melihat nama Polygon dan Matic saling bergantian beberapa kali. Meraka adalah hal yang sama, dan kamu tidak perlu khawatir.

Kami akan menjelaskan bagaimana cara berinteraksi dengan jaringan yang berbeda antara lain :

  1. Menukar XCASH dari jaringan X-Cash ke jaringan Polygon (X-Cash → Polygon)
  2. Menarik aset dari jaringan Polygon ke jaringan utama melalui Matic Bridge (Polygon → Ethereum)

Dan sebaliknya

  1. Beralih dari jaringan Ethereum ke jaringan Polygon (Ethereum → Polygon)
  2. Menarik aset dari jaringan Polygon ke jaringan utama X-Cash (Polygon → X-Cash)

XCASH (X-Cash) ↔ WXCASH (Polygon)

Untuk menukar XCASH kamu dari jaringan XCASH ke jaringan Polygon (WXCASH) satu satunya cara adalah melalui X-Bank.

Sampai hari ini, belum ada cara lain untuk menukar XCASH di jaringan X-CASH ke jaringan Polygon (WXCASH), selain melalui fitur tukar di X-Bank. Jangan pernah coba untuk mendapatkan WXCASH melalui metode lain, itu akan menyebabkan kalian kehilangan dana kalian.

Untuk menukar buka akun X-Bank kaliandan pilih halaman Swap.

Halaman untuk menukar XCASH (X-Cash) ↔ WXCASH (Polygon)

Tentukan jenis X-CASH yang ingin ditukar, tentukan jumlahnya, dan tekan “Swap”. Kamu akan diminta memvalidasi penukaran tersebut. Validasi penukaran kalian dari XCASH ke WXCASH, berlaku juga untuk sebaliknya.

Penukaran melalui X-Bank adalah gratis, dan akan selalu begitu!

Saat kamu telah memiliki WXCASH di dalam akun-mu, kamu dapat melakukan transfer dan mengirimnya ke alamat ERC-20.

Kamu memiliki beberapa cara untuk mendapatkan alamat ERC-20, kami merekomendasikan menggunakan Metamask atau dompet lain yang kompatibel dengan ERC-20 dan mendukung jaringan Polygon (Matic).

Menambahkan Jaringan Polygon (Matic) ke Metamask

Kamu harus menambahkan jaringan Polygon (Matic) ke aplikasi Metamask kalian untuk dapat melihat token WXCASH (Polygon) kalian di dalam dompet. Untuk menambahkan jaringan Polygon (Matic), kamu hanya perlu memilih “Custom RPC” di panel Network.

Dan tambahkan informasi berikut ini:

Nama JaringanPolygon Mainnet

URL RPC Baru https://rpc-mainnet.maticvigil.com/

ID Jaringan 137

Simbol Matauang (tidak wajib) MATIC

URL Penjelajah Blok (tidak wajib) https://explorer-mainnet.maticvigil.com/

Lalu simpan. Sekarang kamu dapat memilih jaringan ini di Metamask.

Menambahkan token WXCASH (Polygon) ke Metamask

Jika telah menambahkan jaringan Polygon di pilihan jaringan Metamask, kamu dapat menambahkan token WXCASH (Polygon) ke dompet kalian. Klik Add Token dibagian bawah layar.

Lalu pada kolom alamat, masukan alamat ini : 0x03678f2c2c762dc63c2bb738c3a837d366eda560

Alamat kontrak ini adalah resmi dan menjadi satu-satunya alamat kontrak untuk WXCASH (Polygon). Selalu pastikan kamu mengirim WXCASH (Polygon) dengan alamat kontrak ini.

Sekarang kamu dapat melihat WXCASH (Polygon) di dompet metamask kalian.

Menarik WXCASH (Polygon) dari X-Bank

Kamu dapat menarik WXCASH (Polygon) dari X-Bank ke dompet ERC-20 kalian. Kamu hanya perlu memilih halaman Transfer pada X-bank, pilih mata uang WXCASH untuk menarik dana, masukan jumlah dan alamat ERC-20 kalian (dapat dilihat di dompet metamask kalian), lalu pilih “withdraw”.

Karena fee transfer Polygon yang sangat murah, kami memutuskan untuk sementara waktu meng-gratiskan biaya penarikan untuk pengguna X-Bank.

Setelah beberapa konfirmasi, penarikan akan masuk ke akun dan kalian dapat melihat WXCASH (Polygon) di dompet metamask kalian.

Melakukan Deposit WXCASH (Polygon) ke X-Bank

Untuk melakukan deposit WXCASH (Polygon) ke X-Bank, kamu dapat menggunakan fungsi transfer di dompet metamask kalian.

Pertama-tama, masuk ke halaman Deposit di X-Bank, pilih matauang WXCASH dan cek petunjuk deposit. Kamu akan diberikan alamat untuk melakukan deposit ke dompet ERC-20 kalian. Alamat ini hanya dapat digunakan untuk melakukan deposit WXCASH (Polygon).

Pada halaman transfer di metamask kalian, masukan alamat deposit ERC-20 X-Bank kalian, jumlah yang ingin dikirim, dan klik “send”.

Kamu akan dikenakan biaya untuk setiap transaksi dari dompet metamask kalian. Karena kamu beradi di jaringan Polygon, kamu diharuskan membayar biaya gas menggunakan token MATIC . Kamu juga dapat membeli sejumlah MATIC melalui bursa-bursa tempat MATIC diperdagangkan, atau kamu dapat mencoba MATIC faucet untuk mendapatkan sedikit MATIC yang dapat digunakan untuk beberapa transaksi.

Untungnya, biaya transaksi sangat murah.

Sesaat setelahnya dana akan ditambahkan di akun X-Bank kalian.

WXCASH (Polygon) ↔ WXCASH (Ethereum)

Sekarang kamu telah memiliki WXCASH (Polygon) di akun Metamask kalian, kamu dapat menggunakan Polygon Bridge untuk menarik dana ke jaringan Ethereum.

Kamu dapat menghubungkan dompet metamask kalian dengan tampilan muka dompet web Polygon. Silahkan ikuti petunjuk ini untuk membantu kalian melihat WXCASH (Polygon) kalian di Dompet Web Polygon.

Setelah kamu berhasil menghubungkan dompet metamask kalian dengan dompet web Polygon, kamu dapat melihat WXCASH (Polygon) kalian. Kamu dapat menggunakan fitur withdraw (to Ethereum) :

Pada halaman selanjutnya, pilih jumlah WXCASH (Polygon) yang ingin kamu pindahkan ke jaringan Ethereum. Setelahnya maka akan berubah ke WXCASH (Ethereum).

Setelah kamu dapat menginisiasi transfer, lalu akan diarahkan untuk memvalidasi.

Untuk menarik dana ke jaringan Ethereum kamu akan dikenakan biaya gas di jaringan Polygon juga di jaringan Ethereum.

Itu artinya untuk berhasil melakukan penarikan ke jaringan Ethereum, kamu memerlukan beberapa MATIC di jaringan Polygon juga beberapa ETH di jaringan Ethereum.

--

--

--

Cryptocurrency Writer

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Risky Kasmaja

Risky Kasmaja

Cryptocurrency Writer

More from Medium

NFT Discoveries #1 - Desert Boy NFT

Desert Boy NFT photograph

Creating an NFT platform for my music remix & jam app

Dogeparty: NFT meta-layer on top of Dogecoin (Part 1)

WEEKLY PROJECT REPORT